Pemimpin Jangan Berjiwa Kontraktor

May 10, 2010 at 1:44 pm | Posted in Artikel | Leave a comment
Senin, 10 Mei 2010 | BP [Dialog Interaktif]
Pemimpin Jangan Berjiwa Kontraktor
Oleh I Gst. Bgs. Rai Utama, S.E., MMA., M.A.

Fakta di lapangan, gebrakan pemimpin justru terjadi sebelum pilkada, bukan setelah pilkada. Sebab, budaya kepemimpinan kita memang telah berubah bukan lagi tulus dan ikhlas namun penuh dengan maksud dan pamrih tertentu.

Hampir sebagian besar pemimpin kita bangga dengan pakaian kebesarannya, empuk kursi kerjanya, dan cenderung tidak peduli pada realita di masyarakat. Jika ada kegagalan yang dibuatnya, selalu melakukan pembelaan yang seharunya dapat diakui secara kesatria.

Jika pemimpin berjiwa kontraktor mereka akan cenderung menuntaskan persoalaan secara matematis, bukan secara holistik. Artinya, pemimpin ala manajer bukan pahlawan, padahal yang kita perlukan bukan pemimpin ala manajer saja namun lebih daripada itu, bila perlu menjadi pahlawan-pahlawan baru.

Kalau dilihat dari persoalan yang ada, hampir merata di setiap kabupaten di Bali, yakni persoalan kesejahteraan masyarakat, kesehatan, pendidikan, juga persoalan kerohanian hendaknya selalu menjadi agenda pokok setiap pemimpin baru hasil pilkada. Namun persoalan-persoalan tersebut haruslah dituntaskan secara holistik. Misalnya, kenapa masyarakat tidak sejahtera? Mungkin saja karena kesempatan kerja sangat kurang, mungkin saja upah buruh yang sangat rendah, mungkin saja hasil pertanian yang rendah dan tidak stabil. Kenapa masih terjadi banyak penyakit mewabah di masyarakat? Mungkin saja faktor lingkungan yang tidak layak, air yang telah tercemar, lingkungan yang sudah tidak bersahabat. Kenapa masih banyak anak-anak kita yang tidak lulus ujian nasional?

Walaupun harus diakui Bali masih tercatat sebagai daerah dengan tingkat kelulusan tertinggi, masih banyak persoalan yang harus dituntaskan seperti kesenjangan fasilitas belajar di sekolah perkotaan dengan perdesaan.

Ada program dasar atau inti dan ada juga program opsi yang seharusnya juga menjadi prioritas semua pemimpin, baik pemimpin politik maupun pemimpim karier yang menjabat di semua dinas di lembaga pemerintahan. Masih banyak persoalan yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat yang sangat lambat dan cenderung menunjukkan ketidakpedulian para pemimpin. Seperti, pengurusan KTP yang sangat lambat, pelayanan Puskesmas yang tidak layak, pelayanan kesehatan masyarakat yang tidak cepat dan tanggap, pelayanan pajak yang seringkali bertolak belakang antara moto yang di iklankan dengan realitas yang sebenarnya di masyarakat. Upah buruh yang tidak cocok lagi dengan realitas pemenuhan kebutuhan minimum keluarga yang sebenarnya.

Semua yang disebutkan tadi sangat memerlukan regulasi pemerintah setelah pilkada secara berkesinambungan, tersistem serta melembaga dan membudaya sehingga siapa pun yang menjadi pemimpin akan dapat memecahkan permasalahan dengan cepat, tepat serta akurasinya dapat dipertanggungjawabkan.

Akhirnya, untuk dapat mewujudkan pembangunan masyarakat secara holistik atau menyeluruh diperlukan pemimpin yang bukan berjiwa kontraktor agar tidak terjadi habis jabatan habis juga tanggung jawabnya. Kita memerlukan pemimpin yang ‘takut akan Tuhan’ sehingga mereka tidak berani korupsi, tidak berani menyalahgunakan kekuasaan yang dipercayakan masyarakat kepadanya, memimpin dengan jiwa melayani secara horizontal atau masyarakat dan melayani secara vertikal, takut berbuat curang karena Tuhan selalu dapat melihat perbuatan kita yang tersembunyi sekalipun.

Penulis, dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Dhyana Pura Badung

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: